Home
Walaupun kelihatan sederhana, pengerjaan cor beton yang tidak dilaksanakan dengan benar bisa mempengaruhi kwalitas akhir konstruksi beton. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencontoh tips-tips berikut ketika melakukan pelaksanaan cor beton.

Kiat Praktis Progres Cor Beton Agar Selalu Awet

Akhir-akhir ini, konstruksi bangunan berkonsep minimalis semakin diminati. Sebagian ciri utama bangunan berkonsep modern dan minimalis adalah struktur yang tegas, format yang simpel, serta kesan bangunan yang kuat.

Untuk mencapai hasil konstruksi ini, material yang seringkali digunakan sebagai bahan utama konstruksi yaitu beton. Hal ini dikarenakan beton mempunyai sifat yang kuat, dapat disusun sesuai keperluan konstruksi, dan progresnya tergolong mudah. Cek info mengenai Harga beton cor jakarta.

Walaupun terlihat simpel, proses cor beton yang tak dilakukan dengan tepat bisa mempengaruhi kwalitas akhir konstruksi beton. Oleh karena itu, pastikan Anda meniru kiat-tips berikut ketika mengerjakan proses cor beton:

Tentukan Desain, Struktur, dan Dimensi Pengecoran Beton
Hal pertama yang perlu Anda amati dalam pelaksanaan cor beton yakni persiapan. Sebelum memulai pelaksanaan pengecoran beton, pastikan Anda telah menetapkan desain cetakan, struktur beton yang diharapkan, serta dimensi komponen yang akan dicor dengan beton. Hal ini dapat menolong Anda mempertimbangkan jumlah beton dan luas cetakan atau papan bekisting yang dibutuhkan, sehingga kamu bisa menghindari risiko terjadinya kelebihan beton.

Gunakan Papan Bekisting yang Bagus
Kecuali melihat jumlah serta luas cetakan atau papan bekisting, Anda juga perlu memandang keadaan papan bekisting yang dipakai. Papan bekisting yang baik tidak wajib berupa papan baru, melainkan papan yang bermutu. Pilihlah papan yang masih dalam keadaan kuat, tidak retak atau rusak, serta bersih permukaannya. Penggunaan papan yang tidak bersih dapat mengakibatkan hasil konstruksi cor beton berisiko keropos.

Hindari Melepas Papan Bekisting Terlalu Dini
Setelah menjalankan penuangan beton pada cetakan, pastikan Anda memperkenankan beton mengering sempurna terutama dulu sebelum melepas papan bekisting. Beton yang belum kering total belum cakap membendung bobotnya sendiri, sehingga bisa menyebabkan hasil konstruksi yang tak optimal. Waktu aman pelepasan bekisting yakni sekitar 30 hari setelah diawalinya progres pengecoran.

Pastikan Cetakan Terisi Sempurna
Setelah selesai menuangkan campuran beton hingga memenuhi cetakan, jangan langsung memperkenankan cor beton mengering. Pastikan dulu cetakan telah terisi total dengan sistem mengetuk papan bekisting mengaplikasikan palu sebagian kali, atau gunakanlah mesin vibrator jikalau Anda mengerjakan konstruksi dengan skala yang cukup besar. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari adanya rongga pada cor beton yang dapat menurunkan kualitas hasil konstruksi beton.

Bersihkan Sisa Cor Beton Secepatnya
Ketika mengisi cetakan dengan campuran beton dan meratakan permukaan beton, pasti bakal terdapat sisa-sisa cor beton yang tercecer ke luar cetakan. Pastikan Anda secepatnya membersihkan sisa cor beton sesudah selesai memadatkan serta meratakan cor, karena sisa cor beton yang telah mengering bakal sulit dibersihkan.

Kelima nilai di atas adalah beberapa kiat yang bisa Anda ikuti dikala melakukan cor beton untuk progres yang lebih efektif. Kecuali proses pelaksanaan dan persiapan, hal lainnya yang tidak kalah penting dan betul-betul berakibat pada hasil akhir konstruksi beton yakni pemilihan produk beton yang diterapkan.
Back to posts
This post has no comments - be the first one!

UNDER MAINTENANCE

XtGem Forum catalog